SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

BAB I PENDAHULUAN
 A. Latar Belakang Masalah
Dalam dunia pendidikan sumber daya manusia memliki peran sangat penting dalam keberhasilan sebuah pendidikan, sumber daya manusia juga mempengaruhi suatu mutu pendidikan. Begitu juga dalam dunia pendidikan islam, sumber daya manusia memliki posisi yang sengat penting atas berhasilnya suatu proses pendidikan, agar tercapai pada mutu yang diinginkan. Pendidikan yang pada hakekatnya menjadi dasar peningkatan sumber daya manusia, harus didukung dengan melibatkan SDM yang berkualitas dalam prosesnya, Karena dari sesuatu yang baguslah akan menghasilkan sesuatu yang bagus pula.
Islam sendiri dalam menyikapi pendidikan dengan sangat serius, dalam islam tidak mengenal batasan macam suatu ilmu, dan tidak mengenal batasan sampai kapan harus menuntut ilmu. Dalam beberapa firman Allah telah dijelaskan keutaman–utamaan ilmu dan orang yang berilmu diantaranya: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ Artinya: “niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Mujadilah: 11)
Salah satu media pendidikan dan pembelajaran yang paling utama adalah dengan membaca, dan itu tersirat dalam surah Al-quran yang pertama kali diturunkan yaitu : اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, (Al-`alaq) 
Pemberdayaan SDM dalam pendidikan islam murapakan suatu keharusan. Dan sudah merupakan hal yang lumrah, jika sesuatu apapun itu menuntut adanya perkembangan dan peningkatan serta menejemen yang semakin baik, dan semua itu merupakan sunnatullah fil kaun. Melihat perhatian islam dalam hal pendidikan, yang menyikapinya dengan sangat serius, Maka terlaksnanya proses pendidikan yang berkualitas, baik dalam segi managemen dan kualitas output harus bisa berkembang dan tetap bisa bersaing dengan yang lain. 
Dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Yang notabane mayoritas masyarakatnya memeluk Agama Islam, sudah seharusnya Pendidikan Islam dapat mendasari pendidikan-pendidikan lainnya, serta menjadi primadona bagi peserta didik, orang tua, maupun masyarakat. Demikian juga halnya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, seharusnya Pendidikan Islamlah yang dijadikan tolak ukur dalam membentuk watak dan pribadi peserta didik, serta membangun moral bangsa.

0 comments: